6 Tips Menabung yang Bikin Duit Cepet Ngumpul, Ternyata Mudah

perencanaan keuangan

Meski paham betul pentingnya menabung, banyak orang sulit mempraktikkan kebiasaan ini. Pasalnya menabung membutuhkan konsistensi dan ketekunan sampai menjadi sebuah kebiasaan.

Dalam hal perencanaan keuangan, ada banyak metode yang bisa diterapkan untuk membangun kebiasaan menabung. Salah satunya mengikuti cara menabung ala orang Jepang yang disebut metode Kakeibo.

Metode ini cocok dipraktikkan bila Anda masuk ke dalam golongan orang yang susah menabung.

Kakeibo pertama kali diperkenalkan pada 1904 oleh Hano Motoko, jurnalis perempuan pertama yang dimiliki Negeri Sushi. Yang membedakan Kakeibo dengan metode menabung lain adalah tidak melibatkan software, aplikasi, atau lembar Excel apa pun.

Mirip dengan menulis jurnal, metode Kakeibo menekankan pentingnya menulis di buku menggunakan pensil. Cara ini dipercaya dapat menjadi cara meditatif untuk memproses dan mengamati kebiasaan pengeluaran Anda.

Pada 2017, metode Kakeibo dipopulerkan kembali melalui sebuah buku yang ditulis oleh Fumiko Chiba yang berjudul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk mengelola keuangan menggunakan metode Kakeibo:

1. Tunggu 24 jam sebelum beli barang

Orang Jepang biasanya melakukan pertimbangan yang cukup lama sebelum memutuskan untuk membeli barang. Cobalah untuk tidak membiasakan diri langsung membeli barang yang disukai setelah melihatnya.

Pikirkan terlebih dahulu setidaknya satu hari penuh untuk melihat apakah barang itu hanya sebatas keinginan atau benar-benar kebutuhan. Bila Anda masih berpikir tentang barang itu setelah satu hari, barang memang sesuai kebutuhan, dan keuangan mencukupi, belilah barang tersebut.

2. Jangan tergoda diskon

Barang diskon memang menjadi salah satu godaan terbesar ketika menabung, terlebih bila diskon tersebut jarang ditemukan. Maka dari itu, pikirkan secara cermat dan lihat apakah barang diskon itu hanya sebatas keinginan atau benar-benar kebutuhan. Selain itu, tanyakan kepada diri sendiri apakah barang itu akan benar dibeli bahkan jika tidak diskon.

3. Sering-sering cek saldo rekening

Sering memeriksa sisa saldo rekening yang tersisa dapat membantu Anda untuk mengontrol keuangan. Sebab, hal itu akan membantu Anda untuk fokus dalam mengatur jumlah uang yang harus dikeluarkan.

4. Bertransaksi pakai uang tunai

Bertransaksi menggunakan kartu debit atau kredit sering kali membuat seseorang tidak sadar dengan jumlah uang yang dikeluarkan. Maka dari itu, cobalah untuk bertransaksi dengan uang tunai agar Anda bisa lebih sadar tentang berapa nominal yang sudah dikeluarkan untuk berbelanja.

5.Tulis pengingat di dompet

Salah satu trik menarik yang bisa dilakukan untuk menabung adalah menyisipkan catatan pengingat di dompet dengan tulisan “Apakah kamu BENAR-BENAR membutuhkan barang ini?”

Dengan demikian, Anda akan terus ingat untuk selalu melakukan pertimbangan sebelum melakukan transaksi belanja.

6. Hindari lingkungan yang bikin boros

Lingkungan sekitar adalah salah satu pemicu utama keborosan seseorang, seperti media sosial, surel promosi dari berbagai merek, hingga pertemanan. Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi kebiasaan melihat postingan barang-barang tidak penting di media sosial hingga membatalkan langganan surel promosi merek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*