Animator One Piece Kecam AI, Ada Apa?

Seorang animator One Piece lagi jadi pembicaraan nih. Tiba-tiba saja, pria bernama Oscar Bartolome disorot gegara Thread yang diposting di laman X. Loh, ada apa ya?
Oscar Bartolome yang bekerja untuk studio Toei Animation memberikan comeback, atau bisa dibilang sindiran keras kepada para pembuat AI yang viral sampai meremehkan seniman pekerja keras di industri anime.

Cari gini, semuanya bermula dari kreasi seni AI yang dibuat melalui Niji Journey, dimulai dari gambar Saori Kido ‘Saint Seiya’. Thread yang viral adalah sindirannya karena gambar itu dibuat olehnya. Duh, karyanya diplagiat.

Selama ini, program seni AI memang dapat tuduhan mencuri karya seniman profesional tanpa kompensasi dan perlindungan hak cipta.

Salah satu karya seni Oscar Bartolome lainnya yakni poster buronan Monkey D Luffy dari anime One Piece yang juga sempat diplagiat. Dia juga sempat membela nih atas tudingan netizen.

“Bahkan dalam mimpimu pun kamu tidak dapat membuat ilustrasi seperti ini,” katanya lagi disertai kredit namanya di sequence anime One Piece.

Masalah ini bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya ada sutradara di balik Bleach: Thousand-Year Blood War, Tomohisa Taguchi yang juga senasib.

“AI adalah jawaban bagi animator yang malas,” tudingnya.

Serial anime One Piece yang diproduksi Toei Animation seperti diketahui menampilkan upaya luar biasa dari animator dan seniman di seluruh dunia dengan adaptasi Arc Egghead saat ini.

Sayangnya, remake anime One Piece yang akan datang oleh Netflix dan WIT Studio memanfaatkan “teknologi visual mutakhir” dan telah membuat banyak orang percaya bahwa deskripsinya menyinggung seni AI.

Simak Video “Edisi #197: Mudik Gratis Nataru Kemenhub hingga Marvel Pecat Pemeran Kang the Conqueror”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*