Asyik! Tarif Tol Tak Naik saat Mudik Lebaran

Jalan tol pada Kawasan Jabodetabek yaitu ruas Cibitung-Cilincing (Jakarta Outer Ring Road/2) dan ruas Serpong-Balaraja Seksi 1A (JORR 3) di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022). (Dok: PUPR)

Masyarakat yang akan mudik tak perlu khawatir akan mengeluarkan uang lebih untuk tarif tol. Sebab pemerintah memastikan harga tol tak akan naik jelang Lebaran.

Sebelumnya sejumlah pengelola tol memberi indikasi adanya kenaikan tarif. Namun Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menegaskan tak akan ada penyesuaian tarif tersebut.

“Gak ada kenaikan,” tegas Danang menjawab pertanyaan CNBC Indonesia seperti ditulis Minggu (2/4/2023).

Sekitar 25 ruas tol dikabarkan akan melakukan penyesuaian tarif pada 2023 ini. Salah satunya kenaikan pertama tahun ini pada tarif tol Tangerang-Merak pada 3 Januari 2023.

Pada pasal 48 48 ayat (3) dan (4) Undang-Undang (UU) No 2/2022 tentang Perubahan Kedua atas UU No 38/2004 tentang Jalan, penetapan, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 tahun sekali. Ini dilakukan berdasarkan pengaruh laju inflasi daerah masing-masing dan evaluasi pada pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) jalan tol.

Meski pemerintah memberi indikasi tidak akan menaikkan tarif jelang lebaran, namun tidak dengan diskon. Sebab potongan tarif itu bergantung dari kebijakan para pengelola tol.

“Diskon tarif itu tergantung BUJT (Badan Usaha Jalan Tol), biasanya dua Minggu sebelum lebaran kita tanya ke BUJTnya,” sebut Danang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*