Awas Akun WA Anda Dihapus Permanen Jika Kirim Pesan Ini

FILE PHOTO: The WhatsApp app logo is seen on a smartphone in this picture illustration taken September 15, 2017. REUTERS/Dado Ruvic

WhatsApp bisa memblokir akun pengguna kapanpun. Selain menggunakan aplikasi tidak resmi atau WhatsApp Modifikasi (WA Mod), blokir bisa dilakukan karena pengguna mengirimkan pesan yang dilarang dalam platform.

Salah satu larangannya adalah mengirimkan pesan bermuatan hak cipta. Dalam kebijakan WhatsApp, pengguna tidak bisa mengirimkan film maupun lagu dengan format file ke pengguna lain.

WhatsApp akan langsung memblokir akun pengguna jika ada yang melanggar ketentuan tersebut. Penutupan akun itu bersifat sementara hingga permanen.

Selain mengirimkan pesan dengan konten hak cipta, pengguna juga dilarang menggunakan kosa kata rasis dan pelecehan. Para pengguna tidak diperbolehkan mengirimkan chat-chat berisi kata-kata tersebut dengan pengguna lainnya.

Pengguna bisa melaporkan pengguna lain jika terdeteksi melanggar ketentuan WhatsApp. Jadi perusahaan bisa mendeteksi pengguna yang menggunakan kata rasis, mengirimkan konten terlarang atau gambar yang tidak menyenangkan.

Untuk pelanggaran ini, akun pengguna yang diblokir tidak bisa dibatalkan. Artinya akun akan ditutup selamanya setelah ketahuan melanggar ketentuan tersebut.

Jika masih ingin menggunakan WhatsApp setelah diblokir jalan satu-satunya adalah membuat akun lain. Namun akun baru itu harus menggunakan nomor ponsel yang berbeda dari sebelumnya.

Jenis pesan lain yang haram dikirim lewat Whatsapp adalah pesan spam, yaitu mengirim pesan yang sama berulang-ulang ke banyak pengguna untuk kegiatan pemasaran hingga penipuan.

Jika pesan yang dikirim terlalu banyak, Whatsapp akan memberikan peringatan dan memblokir sementara akun tersebut.

Untuk pelanggaran pesan spam, pengguna masih bisa meminta peninjauan lewat email atau di aplikasi Whatsapp.

Di aplikasi Whatsapp, pemilik akun yang diblokir sementara bisa memilih opsi “ask for review”. Pihak Whatsapp kemudian akan mengirim kode 6 angka lewat SMS.

Pengguna kemudian dapat menuliskan argumen permintaan peninjauan ke Whatsapp. Setelah proses review selesai, pihak Whatsapp akan menghubungi pemilik akun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*