Cara Buat Voting di Grup WA, Janjian Buka Puasa Bersama Mudah

Suasana Buka Puasa di salah satu restoran di kawasan Kebayoran Baru. Jakarta, Kamis (21/4/2022). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jelang Ramadan, salah satu agenda yang wajib anggota grup WhatsApp ada adalah buka puasa bersama. Lewat fitur voting di grup WA, kini anggota grup bisa memutuskan lokasi dan waktu bukber dengan mudah.

Grup WhatsApp kini menjadi tempat utama untuk menjaga silaturahmi dengan keluarga dan teman, baik yang masih sering bertemu atau sudah lama tidak berjumpa.

Salah satu ajang pertemuan komunitas di grup WA adalah buka puasa bersama. Biasanya, satu hal yang susah ditentukan dalam merencanakan buka puasa adalah menemukan lokasi dan tanggal yang tepat.

Kini, tak perlu bingung lagi untuk mencari pendapat di grup WA ingin makan apa atau di mana. Kamu tinggal menggunakan fitur baru dari WhatsApp, Polling, untuk memudahkan voting di grup WA.

Fitur ini tersedia untuk pengguna Android dan iOS, serta juga bisa digunakan baik pada chat individu dan juga grup.

Namun untuk saat ini, Polling baru bisa dinikmati pada versi aplikasi mobile saja.

Jika kamu dan teman-temanmu ingin menggunakan Polling, pastikan sudah menggunakan versi aplikasi terbaru. Fitur di Android sudah tersedia pada aplikasi 2.22.23 dan iOS pada 22.23.74.

Cara menggunakannya pun sederhana. Pengguna hanya tinggal memilih dari satu 12 opsi polling yang dihadirkan dengan menekan salah satu pilihannya.

Cara Buat Polling WhatsApp

Simak caranya berikut untuk membuat voting di grup WhatsApp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Buka chat individu atau grup yang akan dibuat Polling
  3. Klik tombol lampiran di samping kotak pesan dan ketuk ikon Poll
  4. Di jendela untuk Polling, tambahkan pertanyaan Anda. 5. Jangan lupa masukkan opsi untuk dipilih. Jumlah opsi yang bisa dipilih bisa mencapai 12 pilihan
  5. Anda dapat mengetuk dan menyeret ikon ‘tiga garis’ pada sisi kanan pilihan untuk mengubah urutan
  6. Klik opsi kirim
  7. Polling selesai dibuat

Cara keluar grup WA diam-diam

Fitur baru lain WhatsApp yang masih jarang diketahui adalah keluar dari grup tanpa diketahui anggota yang lain. Ini membantu pengguna yang sungkan dan tidak ingin ketahuan meninggalkan grup oleh anggota lainnya.

Dengan fitur baru ini hanya grup admin yang mengetahui jika Anda keluar dari grup obrolan tersebut. Rencana fitur tersebut sebenarnya sudah diumumkan sejak Agustus tahun lalu.

Saat pengguna akan meninggalkan grup, WhatsApp akan menampilkan pesan pop-up yang menyatakan bahwa ‘Hanya admin grup yang akan diberi tahu bahwa Anda keluar dari grup’.

Untuk menggunakan fitur ini, kalian hanya tinggal melakukan update WhatsApp Android ke versi paling baru. Update sudah tersedia sejak 27 September 2022.

Ketika nantinya memilih keluar dari grup, tidak akan ada notifikasi yang muncul di grup WhatsApp yang menyatakan Anda sudah meninggalkan grup tersebut. Hanya admin grup tersebut yang tahu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*