Cuma Jualan Make Up, Ini Dia Wanita Terkaya di Dunia

Francoise Bettencourt Meyers, daughter of L'Oreal cosmetics fortune heiress Liliane Bettencourt, and board member of the leading world cosmetics group, smiles during a visit with French prime Minister Manuel Valls at L'oreal Headquarters in Clichy, north outskirts of Paris, France, Monday, Nov. 3, 2014. Paris-based cosmetics giant LOreal SA, Monday reports its revenue for the first nine months of 2014. (AP Photo/Francois Mori )

Di antara daftar 10 orang terkaya di dunia, sosok Francoise Bettencourt Meyers menjadi satu-satunya wanita yang berhasil masuk ke tangga bergengsi tersebut.

Francoise mewariskan kekayaan dari bisnis keluarganya yang bergerak di bidang produk kecantikan, yaitu L’Oreal dengan kekayaan US$ 87,9 miliar. Ini setara sekitar Rp 318,1 triliun

Mengutip data Forbes Real Time Billionaires per jumat, (31/3/2023), kekayaannya tercatat meningkat 0,61% atau setara US$533 miliar dalam semalam. Hal ini memperpanjang tren peningkatan hartanya yang pada tahun 2021 hanya berkisar di angka US$73,6 miliar.

Ternyata, julukan wanita terkaya ini diturunkan Francoise dari sang nenek yang merupakan wanita terkaya sebelumnya berkat mendirikan perusahaan produksi make up tersebut.

Francoise dan keluarganya kini memiliki setidaknya 33% saham dari produk kecantikan asal Paris ini. Pada kuartal IV tahun 2022, produsen riasan wajah ini mencatatkan pertumbuhan laba sebesar 8,1% dengan penjualan mencapai US$11,1 miliar di tiga bulan terakhir tahun 2022.

Perusahaan yang terkenal dengan beberapa brand ternamanya, Maybelline dan CeraVe ini membuktikan bahwa industri kosmetik masih diminati di tengah tekanan krisis beberapa waktu ke belakang.

Bukan cuma kaya, Francoise Bettencourt Meyers juga terkenal dermawan, pada 2019 saat Notre Dame terbakar, keluarganya menyumbang dana hingga US$ 226 juta. Keluarganya juga tertarik pada kemajuan seni dan ilmu pengetahuan dan secara rutin menyumbang untuk kedua kegiatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*