Pahit & Menyakitkan, 4 Fakta Ini Justru Selamatkan Cuan Anda

Cropped shot of an attractive young businesswoman looking excitedly over at a jar of coins and wads of cash in her office

Memiliki literasi finansial yang baik adalah salah satu kunci untuk meraih kemerdekaan finansial. Tapi ironisnya, tidak sedikit yang belum berpikir bahwa literasi finansial dan pemahaman-pemahaman soal keuangan lainnya cukup penting.

Beberapa fakta di bawah ini mungkin saja akan membuat Anda merasa penting bahwa sebagai individu, kita tidak bisa membiarkan diri kita buta secara finansal.

Penasaran dengan fakta yang dimaksud? Berikut ulasannya.

1. Semua orang yang Anda cintai pasti akan berpulang

Mungkin saja kita punya penghasilan tetap, tapi ada orang-orang yang masih memberikan tempat tinggal gratis, makan gratis, dan pinjaman uang di saat kondisi finansial Anda sedang tidak bersahabat.

Namun ketahuilah bahwa tidak ada orang yang bisa hidup abadi di dunia ini. Termasuk orang-orang yang sangat Anda cintai, seperti orangtua dan pasangan.

Fakta ini tentu akan menjadi teguran buat kita yang masih terlalu bergantung kepada mereka hingga saat ini dalam hal finansial. Ketika mereka sudah tiada, maka fasilitas yang biasa kita nikmati tidak akan ada lagi.

2. Harga barang dan jasa terus meningkat

Inflasi adalah hal yang nyata, dan harus Anda hadapi dalam kondisi keuangan apapun. Kenyataan pahit tentunya muncul di saat inflasi meroket dan kondisi keuangan kita sedang dalam masalah.

Itu sebabnya, penting sekali bagi Anda untuk memahami cara-cara mencari penghasilan sampingan sekaligus mengatur keuangan yang baik.

Semakin besar dana yang bisa Anda sisihkan untuk masa depan, semakin besar pula kemampuan menabung, membangun pondasi keuangan dan berinvestasi Anda.

3. Semua investasi ada risikonya

Bahkan investasi yang teraman pun memiliki risiko yang mungkin membuat Anda merugi di kemudian hari.

Pemahaman seputar aset-aset investasi merupakan hal yang sangat penting, terutama jika Anda ingin mengembangkan kekayaan Anda di masa yang akan datang.

Tanpa investasi, maka nilai uang yang Anda miliki bisa saja tergerus dengan inflasi. Impian kaya pun hanya sebatas angan-angan.

4. Perusahaan tempatmu bekerja bisa bangkrut

Di mana pun Anda bekerja, tidak akan ada jaminan perusahaan itu bakal bertahan sampai akhir zaman. Ingatlah bahwa selalu ada risiko kehilangan pekerjaan yang menghantui karyawan.

Pada intinya, bisnis ibarat roda yang berputar. Kadang di atas dan kadang berada di bawah, namun ketahuilah bahwa terkadang ban bisa meledak ketika dipaksa berputar dalam kondisi yang tidak prima.

Selagi kondisi keuangan Anda aman dan masih bekerja, kembangkanlah ilmu yang berhubungan dengan karier dan finansial guna mengantisipasi hal ini di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*