Ramuan Anti-Jompo ala Jokowi, Ternyata Mudah dan Simpel

Ilustrasi Kunyit (Photo by Tamanna Rumee from Pexels)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkenal memiliki stamina yang kuat. Sejak dulu, Jokowi sering ‘loncat’ dari satu provinsi ke provinsi lain di hari yang sama untuk blusukan melakukan kunjungan kerja.

Saat orang-orang yang mengikuti kegiatan Presiden sudah tampak kewalahan, Jokowi masih bugar. Setiap kali ditanya rahasianya, dia selalu menjawab “jamu temulawak.”

Seperti apa sih racikan jamu yang membuat Jokowi selalu bugar?

Melansir akun YouTube resmi Presiden Joko Widodo pada Minggu, (5/3/2023), juru masak Istana, Tri Supriharjo membeberkan resep ramuan yang diminum Presiden setiap pagi.

“Bapak kalau pagi itu jamu dan teh pahit. Jamunya terdiri dari temulawak, jahe, lantas kunyit,” ungkap Tri dalam video berjudul ‘Cerita dari Dapur Presiden’ tersebut.

Koki kepercayaan Jokowi sejak 2013 ini pun mendeskripsikan bahan-bahan yang dipakai untuk meracik jamu Jokowi. Bahan-bahan itu adalah 8 potong temulawak, 6 potong kunyit, dan 3 potong jahe.

Semuanya dipotong kurang lebih sebesar satu ruas jari. Kemudian, semua bahan tersebut direbus bersama hingga mengeluarkan warna kecoklatan.

Setelah matang, Tri pun menyuguhkan ramuan jamu anti-jompo tersebut ke Presiden dengan mug berukuran besar.

“Mugnya yang cangkir buat jamu saja, cangkir jaman dulu yang blirik, ada yang coklat. Mungkin sekarang sudah jarang orang pakai. Wah, sederhana sekali bapak itu,” kata dia.

Manfaat tiga bahan jamu tersebut sudah tidak diragukan lagi. Hal ini seperti yang disampaikan Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Kementerian Pertanian, Evi Savitri Iriani, mengutip artikel yang terbit di CNBC Indonesia pada 21 Maret 2020 lalu.

Menurut penelitiannya, tanaman jahe, kunyit dan temulawak adalah tanaman rempah yang mengandung partikel kekebalan tubuh. Menurut dia, baik temulawak maupun jahe mengandung senyawa kurkumin dan gingerol yang sangat aman dikonsumsi masyarakat.

“Herbal khususnya kunyit dan temulawak mengandung kurkumin. Sementara jahe mengandung gingerol yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh bila diminum secara rutin,” ujar Evi dikutip Sabtu (21/3).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*